Kam. Sep 19th, 2024

ivermectipl.com – Presiden Terbaru Afrika Selatan. Hingga Juli 2024, Presiden Afrika Selatan yang terbaru adalah Cyril Ramaphosa. Ia mulai menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan pada 15 Februari 2018, setelah pengunduran diri Jacob Zuma. Sebelumnya, Ramaphosa adalah Wakil Presiden Afrika Selatan dan juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses dan pemimpin serikat buruh.

Cyril Ramaphosa lahir pada 17 November 1952 di Soweto, sebuah kawasan bersejarah di Johannesburg. Pendidikan awalnya di sekolah-sekolah lokal, dan ia melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Witwatersrand di Johannesburg, di mana ia mendapatkan gelar Bachelor of Laws (LLB). Selama masa kuliahnya, Ramaphosa aktif dalam gerakan anti-apartheid dan menjadi anggota aktif dari South African Student Organization (SASO) dan kemudian United Democratic Front (UDF). Yang memprotes kekuasaan apartheid di Afrika Selatan.

Setelah pembebasan Nelson Mandela dan berakhirnya era apartheid pada awal 1990-an, Ramaphosa menjadi salah satu arsitek utama negosiasi yang mengarah pada pemilihan umum pertama yang bebas dan adil di Afrika Selatan pada tahun 1994. Ia memainkan peran kunci dalam merancang Konstitusi baru Afrika Selatan yang demokratis sebagai Sekretaris Jenderal Kongres Nasional Afrika (ANC) pada saat itu.

Ramaphosa juga terkenal sebagai seorang pengusaha yang sukses. Ia mendirikan dan mengembangkan berbagai usaha, termasuk dalam sektor pertambangan dan keuangan. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi MTN Group, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Afrika.

Kepemimpinan Ramaphosa sebagai Presiden ditandai dengan upaya untuk memerangi korupsi dan merombak struktur pemerintahan untuk lebih efisien dan transparan. Ia menghadapi tantangan besar dalam mengatasi ketimpangan ekonomi yang masih mencolok, pengangguran tinggi. Dan korupsi yang mengakar dalam struktur pemerintah.

Pada masa pemerintahannya, Ramaphosa berusaha mempromosikan reformasi ekonomi dan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Dia juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan memberdayakan sektor swasta sebagai mesin pertumbuhan ekonomi.

Pemerintahan Ramaphosa berhadapan dengan tantangan serius, termasuk dampak pandemi COVID-19 yang memperburuk situasi sosial dan ekonomi. Namun, ia terus berusaha memimpin negara menuju pemulihan dan reformasi yang lebih baik, dengan fokus pada transparansi, keadilan sosial, dan pembangunan ekonomi yang inklusif. Beragam Olahraga