Sen. Apr 15th, 2024

ivermectipl.com – Petak Umpet / Engklek adalah permainan tradisional Indonesia yang juga biasanya di mainkan oleh anak-anak. Permainan ini melibatkan pemain yang juga bersembunyi dan pemain yang juga mencari. Berikut adalah cara bermain Petak Umpet / Engklek:

Persiapan:

  1. Tentukan batas area bermain. Ini bisa di lapangan, di sekitar rumah, atau di tempat-tempat lain yang aman.
  2. Pilih satu atau lebih orang sebagai “penghitung” atau “pencari.” Mereka akan memegang peran untuk mencari pemain yang bersembunyi.

Langkah-langkah Bermain:

  1. Tentukan Pangkalan:
    • Tentukan pangkalan atau “home base” di mana pemain yang bersembunyi dapat kembali ke sana untuk aman.
  2. Pemilihan “It” atau “Cari”:
    • Pilih satu atau lebih pemain sebagai “It” atau “Cari.” Mereka akan menjadi pemain yang mencari yang bertugas menemukan pemain yang bersembunyi.
  3. Penentuan Tempat Sembunyi:
    • Pemain yang tidak menjadi pencari harus bersembunyi di sekitar area bermain, tetapi mereka hanya boleh bersembunyi di tempat-tempat tertentu yang telah di tentukan sebelumnya.
  4. Pencarian Di mulai:
    • Pencari memulai permainan dengan menutup matanya dan berbicara, “Engklek, engklek, sembunyi di mana?” Pemain yang bersembunyi harus tetap diam saat pencari menghitung hingga angka tertentu (biasanya hingga sepuluh atau lebih, tergantung peraturan setempat).
  5. Mencari Pemain yang juga Bersembunyi:
    • Setelah mencapai angka tertentu, pencari membuka matanya dan mulai mencari pemain yang juga bersembunyi. Pemain yang bersembunyi harus mencoba kembali ke pangkalan (home base) tanpa tertangkap.
  6. Tangkap atau Kembali ke Pangkalan:
    • Jika seorang pemain yang juga bersembunyi tertangkap oleh pencari sebelum mencapai pangkalan, pemain itu menjadi “It” dan bertugas mencari selanjutnya. Jika pemain berhasil kembali ke pangkalan, dia aman dan dapat bersembunyi kembali pada putaran berikutnya.
  7. Berlanjut atau Bergantian:
    • Permainan terus berlanjut dengan bergantian peran antara pemain yang juga bersembunyi dan pencari.

Petak Umpet atau Engklek adalah permainan yang juga seru dan melibatkan unsur ketangkasan, strategi, dan kecerdikan. Peraturan dan aturan permainan ini dapat bervariasi di berbagai daerah atau kelompok anak-anak, tetapi inti dari permainan ini tetap sama. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mempromosikan interaksi sosial dan aktivitas fisik. – booksonthemove.com