Sab. Apr 20th, 2024

ivermectipl.com – Beberapa Pesawat Jet Tertua di Dunia yang Masih Aktif adalah de Havilland Comet. Ini adalah pesawat penumpang jet komersial pertama yang beroperasi secara reguler pada tahun 1952 oleh maskapai penerbangan Inggris, BOAC (British Overseas Airways Corporation). Meskipun produksi massal Comet berakhir pada awal 1960-an, beberapa pesawat masih beroperasi di sejumlah kecil maskapai penerbangan kecil dan museum udara di seluruh dunia. Meskipun demikian, karena usia dan kemajuan teknologi penerbangan, sangat jarang melihat Comet di udara pada saat ini.

Beberapa Pesawat Jet Tertua di Dunia yang Masih Aktif dan beroperasi termasuk:

  1. Boeing 707:

    Meskipun produksi Boeing 707 di mulai pada akhir 1950-an, beberapa pesawat tetap beroperasi sebagai pesawat kargo atau pesawat pribadi hingga saat ini. Beberapa maskapai kargo masih menggunakan varian kargo Boeing 707, seperti KC-135 Stratotanker yang masih di gunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Baca Juga Olahraga

  2. Douglas DC-8:

    Douglas DC-8 adalah pesawat jet komersial pertama yang di produksi oleh Douglas Aircraft Company. Meskipun produksi resmi berakhir pada 1972, beberapa DC-8 masih di gunakan sebagai pesawat kargo oleh beberapa maskapai penerbangan kargo. Baca Juga Berita Teraktual Hari Ini

  3. Sud Aviation Caravelle:

    Caravelle adalah pesawat jet penumpang pendek dan menengah yang di kembangkan oleh perusahaan Prancis, Sud Aviation, pada tahun 1950-an.

  4. Convair CV-880/990:

    Convair CV-880 dan CV-990 merupakan pesawat jet yang di kembangkan oleh Convair pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Meskipun produksi resmi berakhir pada tahun 1962, beberapa pesawat masih di gunakan sebagai pesawat kargo atau pesawat pribadi.

Meskipun pesawat-pesawat ini telah berusia beberapa dekade, sebagian besar telah di modifikasi dan di sesuaikan dengan kebutuhan modern. Meskipun demikian, jumlahnya sangat sedikit di bandingkan dengan pesawat jet yang lebih modern, dan kebanyakan di gunakan untuk tujuan khusus seperti pesawat kargo atau pesawat pribadi.