Sab. Apr 20th, 2024

ivermectipl.com – Olahraga Lempar Lembing adalah olahraga yang melibatkan lemparan jarak jauh sebuah lembing dengan tujuan untuk mencapai jarak yang maksimum. Berikut adalah detail mengenai lapangan, peralatan, dan peraturan dalam Olahraga Lempar Lembing :

Lapangan:

  1. Panjang: Lapangan lempar lembing biasanya memiliki panjang antara 90 hingga 120 meter.
  2. Lebar: Lebar lapangan bervariasi, tetapi biasanya antara 4 hingga 5 meter. Baca Juga Berita Dunia
  3. Wilayah Lembusir: Terdapat area di belakang pembatas lemparan yang di sebut wilayah lembusir, di mana atlet berlari sebelum melakukan lemparan. Wilayah ini memiliki panjang minimal 30 meter.
  4. Lingkaran Pelambung: Lingkaran di mana lembing harus di sentuhkan oleh atlet sebelum di lemparkan. Lingkaran ini biasanya terletak di bagian akhir wilayah lembusir.

Peralatan:

  1. Lembing: Lembing adalah alat utama dalam olahraga lempar lembing. Lembing biasanya terbuat dari logam, dengan panjang sekitar 2,6 meter dan berat sekitar 800 gram hingga 1 kilogram.
  2. Sepatu: Sepatu khusus dengan paku atau karet di bagian bawahnya di gunakan untuk memberikan cengkeraman yang baik pada permukaan lapangan. Baca Juga Beragam Berita
  3. Pakaian: Pakaian yang nyaman dan memungkinkan gerakan bebas sangat penting. Biasanya, atlet mengenakan seragam olahraga dan pakaian yang cocok untuk berlari.

Peraturan Umum:

  1. Lemparan yang Sah: Untuk sebuah lemparan di anggap sah, lembing harus di lemparkan dari dalam lingkaran pelambung dengan ujung depan lembing menyentuh tanah terlebih dahulu.
  2. Lembusir: Atlet harus memulai lari dari wilayah lembusir sebelum melakukan lemparan. Melanggar batas ini dapat menyebabkan lemparan di nyatakan tidak sah.
  3. Keselamatan: Keselamatan atlet dan penonton adalah prioritas utama. Atlet harus menjaga jarak yang aman dari area lemparan dan memastikan tidak ada orang yang berada di jalur lemparan.
  4. Jarak: Jarak lemparan di ukur dari titik sentuhan pertama lembing dengan tanah hingga titik sentuhan terjauh lembing dengan tanah.

Perlu di ingat bahwa aturan spesifik dalam olahraga lempar lembing dapat bervariasi tergantung pada federasi atau organisasi yang mengatur kompetisi. Oleh karena itu, penting bagi atlet untuk memahami aturan yang berlaku dalam kompetisi tertentu di mana mereka berpartisipasi.