Ming. Apr 21st, 2024

ivermectipl.com – Permainan Sungka Filipina adalah permainan tradisional yang populer di Filipina dan juga dikenal dengan berbagai nama di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan papan khusus yang memiliki dua baris lubang yang diisi dengan biji-bijian, kelereng, atau batu kecil.

Berikut adalah aturan umum dalam Permainan Sungka Filipina :

  1. Persiapan:

    Papan Sungka terdiri dari dua baris lubang yang masing-masing berisi tujuh lubang kecil, serta dua lubang besar di kedua ujung papan. Setiap pemain diberikan tujuh biji-bijian untuk dimainkan. Baca Juga Berita Dunia

  2. Tujuan:

    Tujuan dari permainan Sungka adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin biji-bijian di “rumah” Anda, yaitu lubang besar di ujung papan yang berada di dekat Anda. Baca Juga Kumpulan Berita Seru Dan Menarik

  3. Pembagian Biji-bijian:

    Setiap pemain meletakkan tujuh biji-bijian di setiap lubang kecil di baris yang berlawanan dengan rumah mereka sendiri.

  4. Memindahkan Biji-bijian:

    Pemain mengambil semua biji-bijian dari salah satu lubang kecil di baris mereka sendiri dan menempatkannya satu per satu ke lubang berikutnya searah jarum jam, termasuk rumah sendiri, tetapi tidak termasuk rumah lawan.

  5. Mencuri Biji-bijian:

    Jika biji-bijian terakhir jatuh di lubang yang berisi biji-bijian, pemain bisa “mengambil” biji-bijian tersebut dan melanjutkan permainan dari lubang berikutnya.

  6. Mengakhiri Putaran:

    Jika biji-bijian terakhir jatuh di lubang kosong di sisi pemain sendiri, pemain dapat mengambil semua biji-bijian dari lubang tersebut dan menambahkannya ke rumah mereka sendiri.

  7. Permainan Berakhir:

    Permainan berakhir ketika semua lubang di salah satu baris kosong atau hanya berisi satu biji-bijian. Pemain yang memiliki biji-bijian paling banyak di rumah mereka adalah pemenangnya.

Sungka adalah permainan yang menyenangkan dan membutuhkan strategi, keterampilan, dan keberuntungan. Itu juga mempromosikan interaksi sosial dan membangun keterampilan pemecahan masalah.